Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Upgrade Laptop

10/08/2017

 
Terkadang, laptop lama kamu akan semakin lambat ketika digunakan untuk membuka aplikasi-aplikasi terbaru. Itu karena aplikasi terbaru menuntun penggunaan hardware terbaru pula.
 
Jadi, jika kamu masih menggunakan hardware lama, aplikasi yang dijalankan akan terasa berat. Beberapa orang mungkin akan segera memutuskan untuk membeli laptop baru. Sisanya berpikir untuk mengupgrade beberapa komponen laptopnya.
 
Jika kamu ingin mengupgrade komponen laptop, maka ada baiknya kamu memperhatikan hal-hal dibawah ini.

Apakah laptop kamu dapat di upgrade?

Banyak laptop terbaru yang setiap komponennya melekat satu sama lain dengan motherboard. Hal itu membuatnya sulit atau bahkan tidak dapat di upgrade sama sekali.
 
Jika ingin di upgrade, mungkin hanya RAM ataupun penyimpanannya saja. Lupakan untuk mengupgrade kartu grafis, CPU atau komponen lainnya.
 
Nah, sebelum memutuskan untuk mengupgrade hardware laptop, ada baiknya kamu mencari tahu apakah laptop tersebut dapat di upgrade atau tidak. Karena ada beberapa laptop yang bahkan RAM dan media penyimpanannya tidak dapat dilepas dan di upgrade.
 
Jangan sampai kamu sudah membeli komponen-komponen yang dibutuhkan untuk di upgrade, namun ternyata laptop tersebut tidak mendukung untuk di upgrade. Kamu bisa mencari tahu informasi laptop dari milis, grup atau dokumentasi resmi dari vendor laptop.

Apakah kinerja laptop akan meningkat setelah di upgrade?

Hal kedua yang harus kamu perhatikan ketika ingin mengupgrade laptop adalah, apakah dengan mengupgrade akan mempengaruhi kinerja laptop secara signifikan?
 
Karena fatanya, jika hardware laptop kamu memang sudah sangat tua, walaupun RAM dan harddisk-nya di upgrade, itu tidak akan terlalu berpengaruh pada performanya. Karena sebesar apapun kapasitas RAM dan harddisk, tidak akan berguna jika prosesornya sudah sangat jadul.
 
Apalagi dengan sistem operasi terbaru masa kini yang rata-rata membutuhkan prosesor minimal Intel Core i3 agar dapat bekerja secara maksimal. Sebut saja Linux, macOS Sierra, dan juga Windows 10.
 
Jadi, alangkah baiknya mengetahui prosesor dari laptop yang kamu gunakan. Apakah sudah sangat tua atau masih layak dipakai. Jika sudah tidak layak, maka sangat disarankan untuk membeli laptop baru dibandingkan mengupgradenya. Karena itu jauh lebih berguna jika dibandingkan mengupgrade laptop.

Biaya

Mengupgrade laptop dengan hardware terbaru tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Terutama jika kamu menginginkan laptop lama kamu dapat berjalan dengan cepat. Setidaknya, kamu membutuhkan beberapa spesifikasi seperti dibawah ini:
 
- Prosesor Intel core i5RAM
 
- 8GBSSD 256GB
 
- Nvidia GTX 1050 atau yang lebih tinggi.
 
Kamu dapat membeli laptop baru dengan harga dibawah 7 juta jika membutuhkan laptop dengan spesifikasi dari nomor 1 sampai 3. Tapi jika kamu juga ingin nomor 4, maka kamu harus merogoh kocek setidaknya 8 juta.
 
Karenanya, perhatikan budget kamu sebelum mengupgrade laptop. Jadi, kamu tahu berapa biaya yang harus dikeluarkan. Dan jika memang mengupgrade dengan membeli baru memiliki selisih harga yang tidak terlalu jauh, lebih baik beli laptop baru saja.

Kesimpulan

Itu dia beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum mengupgrade blog. Ada baiknya kamu mempertimbangkan 5 hal diatas agar keputusan yang kamu ambil tepat dilakukan.